Makanan Penyebab Vertigo

Makanan yang Wajib Dihindari

Salah satu jenis sakit kepala yang sangat mengganggu rutinitas harian yaitu vertigo. Selain karena rasa sakitnya yang tak tertahankan, vertigo terjadi secara tiba-tiba. Saat terserang vertigo, Anda bisa saja sedang berada di dalam bis, melakukan persentasi bisnis, berjalan kaki, baru bangun dari tidur, dan sebagainya. Karena serangannya yang mendadak, penderita vertigo harus refleks mencari pegangan secepat mungkin atau paling tidak mencoba duduk agar dapat mengontrol rasa sakitnya.
Sensasi rasa sakit yang dirasakan oleh penderita vertigo biasanya sakit kepala berputar-putar. Rasa sakit tersebut mengacaukan sistem keseimbangan tubuh sehingga penderita vertigo harus selalu waspada saat vertigonya kambuh. Secara umum vertigo disebabkan oleh beberapa hal yang utamanya berkaitan dengan telinga bagian dalam. Seperti:
·         Penyakit Meniere, yang menyerang telinga bagian dalam
·         Vestibular neuronitis, yang merupakan inflamasi saraf telinga bagian dalam
·         Obat-obatan yang menyebabkan kerusakan telinga.
Selain tiga hal di atas terdapat penyebab dan pemicu lain vertigo:
·         Perubahan posisi kepala secara cepat
·         Migrain
·         Tumor otak
·         Trauma atau luka di bagian kepala atau leher
·         Anemia
Dengan mengetahui dan memahami penyebab vertigo, Anda dapat terbantu untuk memilah beragam jenis makanan yang diduga penyebab dan pemicu vertigo kambuh. Terdapat tiga prinsip tentang makanan yang membantu agar vertigo tidak kambuh lagi, yaitu:
·         Makanan harus rendah kolesterol
·         Makanan harus rendah natrium (sodium)
·         Makanan harus rendah gula.
Ketiga prinsip di atas berhubungan erat dengan peredaran darah di dalam tubuh. Lancarnya peredaran darah dalam tubuh Anda akan menjamin kebutuhan oksigen baik ke otak maupun ke seluruh tubuh terpenuhi. Terlebih lagi ke otak, yang jika kekurangan oksigen maka Anda dapat dengan mudah terserang sakit kepala. Hal ini tentunya akan berujung pada penyakit vertigo. Baca juga: Obat Vertigo Alami.
Meskipun vertigo utamanya berkaitan dengan gangguan telinga bagian dalam yang berfungsi menjaga keseimbangan tubuh, hal tersebut juga sangat berkaitan dengan fungsi otak. Karenanya, untuk menjaga agar vertigo tidak kambuh lagi, adalah penting untuk menghindari terserang sakit kepala dan mengingat jenis makanan apa saja yang sebaiknya dihindari atau dikurangi konsumsinya.

Untuk pengobatan, bisa berobat di Rumah Sakit Umum atau di tempat praktek Dokter pribadi, seperti di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buleleng


Rute perjalanan
 
Prinsip Makanan Penderita Vertigo = Rendah kolesterol, rendah natrium, rendah gula = Kelancaran peredaran darah.


Lebih jelasnya, berikut jenis-jenis makanan penyebab vertigo kambuh :
1. Sereal bergula, donat, cokelat, permen, dan selai
Ini merupakan beberapa jenis makanan yang berkadar gula tinggi. Gula sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk dibakar menjadi energi agar kita dapat bergerak dan beraktivitas. Penting untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, sebab hal ini berkaitan dengan kinerja hormon insulin. Hormon yang dilepas oleh pankreas ini bertugas menyebarkan gula ke seluruh tubuh agar dapat diserap menjadi energi. Namun, apa yang terjadi pada tubuh kita jika kadar gula darah terlalu tinggi? Tubuh akan terasa lelah, nafsu makan meningkat drastis, haus, dan sering buang air kecil.
Kelelahan akan membuat reaksi metabolisme tubuh Anda melambat. Ini yang biasanya terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi dalam waktu yang cepat. Hal ini akan membuat peredaran darah dalam tubuh terhambat yang berefek pada terlambatnya penyebaran oksigen ke seluruh tubuh. Jika kondisi tersebut sudah dialami oleh tubuh maka Anda dapat mudah terserang sakit kepala. Terlebih Anda yang juga menderita migrain, hal ini dapat memicu vertigo kambuh lagi. Sebisa mungkin, kurangi konsumsi makanan yang manis. Atau akan lebih baik jika Anda menghindarinya. Sebab, ketika vertigo sudah menyerang Anda tidak akan dapat melakukan aktivitas apapun selain istirahat total.
2. Aneka biskuit, kue pastry, pai, bolu, dan martabak
Jenis makanan ini masih dari golongan makanan dengan kadar gula tinggi. Selain itu, makanan-makanan ini amat sering kita jumpai sehari-hari. Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi secara berlebihan dalam waktu yang cepat akan memicu naiknya kadar gula darah dalam tubuh Anda. Gula darah yang meningkat dengan cepat dalam tubuh akan memicu Anda terserang vertigo kembali.
Memang, tidak mudah untuk menghindari cemilan manis yang sering menjadi favorit sebagian besar orang ini. Namun, jika mengingat sensasi rasa sakit kepala berputar-putar yang dihasilkan oleh vertigo maka sebaiknya Anda menghindari asupan makanan manis dalam jumlah banyak. Baca juga: Vitamin untuk Penderita Vertigo.
3. Aneka keripik dan sayuran kaleng
Beragam olahan keripik seperti keripik singkong, kentang, ubi jalar, talas, dan sebagainya termasuk pada jenis makanan yang mengandung natrium tinggi. Olahan keripik ini biasanya dibumbui dengan banyak garam dan penyedap rasa. Begitu pula dengan aneka jenis sayuran kaleng. Agar dapat awet dalam jangka waktu tertentu sayuran kaleng biasanya juga diberi garam dan pengawet. Sedangkan garam merupakan sumber terbanyak natrium. Jika Anda mengonsumsi olahan keripik ini secara berlebihan maka sudah dapat dipastikan tekanan darah Anda akan naik sehingga dapat membuat Anda sakit kepala.
Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi salah satunya disebabkan oleh kadar garam dalam tubuh meningkat begitu cepat. Garam yang berlebih ini dapat tertimbun pada dinding pembuluh darah yang dapat menghambat kerja sel darah merah dalam menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak. Hal inilah yang kemudian berujung pada rasa sakit kepala yang disebabkan hipertensi. Rasa sakit kepala yang menyerang sangat dekat hubungannya dengan kemungkinan penyakit vertigo datang kembali. Oleh karena itu, hindari asupan garam berlebih karena dapat meningkatkan penyerapan natrium dalam tubuh.
4. Makanan beku, daging olahan (sosis, bakso, kornet), dan keju
Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya. Jenis makanan ini juga termasuk pada golongan makanan yang mengandung natrium tinggi. Segala jenis makanan beku (nugget, kentang goreng beku, cemilan gorengan yang dibekukan) umumnya mengandung garam, penyedap rasa, dan pengawet semisal natrium benzoat. Sama halnya dengan aneka daging olahan dan keju. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan ini dan memiliki riwayat penyakit vertigo maka sebaiknya Anda waspada. Ingat kembali bahwa makanan yang mengandung natrium tinggi dapat membuat vertigo Anda kambuh lagi. Akan lebih bijak jika Anda dapat menahan selera dengan mengurangi, bahkan menghindari makanan ini. Baca juga: Makanan Penyebab Sakit Kepala.
5. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Terdapat beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu yang dapat mengundang vertigo Anda kambuh lagi. Seperti, kacang tanah, kemiri, kenari, biji labu, dan biji wijen. Konsumsi dalam jumlah berlebihan akan memancing tyramine yang diduga pemicu migrain dan sakit kepala. Tyramine merupakan jenis asam amino yang mengurangi kadar serotonin  dalam otak sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar. Inilah yang membuat munculnya sakit kepala. Sebaiknya, Anda yang menderita vertigo mengingat jenis kacang-kacangan dan biji-bijian ini agar tidak dikonsumsi secara berlebihan. Baca juga: Penyebab Sakit Kepala.
6. Aneka makanan yang digoreng dan jeroan
Inilah salah satu golongan makanan yang berkolesterol tinggi. Kolesterol sendiri sebenarnya merupakan jenis senyawa yang sebagian besar dihasilkan oleh hati dan sebagian lainnya bersumber dari makanan. Bagi tubuh, kolesterol membantu untuk memperbaharui sel yang sudah mati, berperan dalam pembentukan vitamin D, hormon, dan asam empedu yang berfungsi untuk mencerna lemak. Seperti yang sudah Anda ketahui secara umum jika kolesterol dari makanan yang masuk ke tubuh terlalu banyak maka kadar kolesterol dalam darah akan meningkat dengan mudah. Kolesterol yang berlebih ini dapat mengendap dan menempel pada saluran pembuluh darah sehingga membuat peredaran darah kurang lancar. Hal ini yang memicu naiknya tekanan darah dan rasa sakit kepala.
Sebagaimana yang sudah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya, rasa sakit kepala yang timbul, baik karena kadar gula, kadar natrium, termasuk kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan memancing vertigo datang kembali. Memang sebaiknya, Anda yang menderita penyakit vertigo lebih baik menjaga asupan makanan yang berkadar gula, natrium, dan kolesterol agar tidak berlebih. Jika masih sulit untuk menghindari, minimal Anda harus bisa menguranginya. Baca juga: Cara Mengobati Vertigo.
7. Makanan siap saji
Golongan makanan siap saji (fast food) memang amat diminati oleh sebagian besar orang. Termasuk mereka yang menderita vertigo. Meski sudah mengetahui vertigo bisa kambuh kapan saja, godaan untuk sering mengonsumsi fast food tidak mudah untuk ditolak. Sebab, makanan ini mudah diolah dan disajikan sehingga lebih mempersingkat waktu memasak. Dari segi rasa pun dapat mengundang selera. Faktor cepat dan enak ini yang umumnya membuat sebagian besar orang memilih untuk mengonsumsi makanan siap saji.
[Namun, efek yang ditimbulkannya dapat membuat kesehatan Anda menurun. Mulai dari daya tahan tubuh yang melemah, kolesterol tinggi, kadar gula darah meningkat, dan berujung pada terganggunya aktivitas harian Anda karena jatuh sakit. Makanan siap saji diketahui merupakan makanan yang kandungan kolesterol dan natriumnya tinggi. Konsumsi makanan ini secara berlebihan akan semakin memperparah vertigo Anda. Bukan hanya kambuh, tetapi vertigo juga dapat muncul semakin sering.
8. Makanan bersantan kental
Makanan ini termasuk makanan yang tinggi kolesterol dan natrium. Beragam jenis masakan bersantan, seperti gulai dan beberapa jenis soto, termasuk makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita vertigo. Terlalu sering mengonsumsi masakan bersantan kental membuat vertigo Anda dapat kambuh kembali. Baca juga : Pertolongan Pertama pada Vertigo.
9. Daging merah
Kandungan zat besi yang terdapat pada daging yang berwarna merah seperti daging sapi dan kambing sebenarnya baik untuk tubuh Anda. Karena, sel darah merah membutuhkan zat besi untuk mendukung kinerjanya beredar ke seluruh tubuh. Kurangnya produksi sel darah merah dapat membuat Anda anemia yang berdampak sering merasa letih, lesu, dan sakit kepala. Tapi, jika dikonsumsi berlebihan juga tidak baik bagi tubuh Anda, karena akan mengundang kolesterol tinggi. Maka dari itu, sebaiknya kurangi asupan makanan daging merah untuk mencegah vertigo kambuh lagi.
10. Makanan ringan (snack)
Makanan penyebab vertigo kambuh lainnya adalah snack atau makanan ringan. Selain karena bumbunya yang kuat, hampir semua jenis snack menggunakan pengawet. Bumbu tersebut biasanya terdiri dari garam dan penyedap rasa seperti monosodium glutamat (MSG). Dan sebagaimana penjelasan poin di atas, makanan yang mengandung banyak natrium berpotensi mengundang kambuhnya vertigo. Terlebih lagi jika dikonsumsi secara berlebihan.
Terdapat beberapa jenis minuman yang juga patut dihindari oleh penderita vertigo. Diantaranya yaitu sirup, minuman bersoda, minuman beralkohol, dan kopi. Dua jenis minuman pertama diketahui mengandung kadar gula yang tinggi, sedangkan minuman beralkohol dapat memicu datangnya sakit kepala. Sementara kopi, karena kafeinnya yang bisa jadi berefek buruk pada tubuh penderita vertigo. Memang, antioksidannya yang tinggi baik untuk tubuh, namun untuk menjaga vertigo tidak kambuh ada baiknya tidak membiasakan ritual minum kopi di rutinitas harian Anda. Atau setidaknya, kurangi asupan kopi yang masuk dalam tubuh Anda.

Lalu, apa yang sebaiknya dikonsumsi secara aman dan tenang oleh penderita vertigo? Untuk menjaga kelancaran peredaran darah yang membantu mengurangi kambuhnya vertigo perbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau, buah-buahan, sereal oat (gandum utuh), ikan segar, tahu, tempe, dan minyak zaitun. Jika aktivitas Anda terlalu padat, banyak minum air putih agar tidak dehidrasi yang memicu datangnya sakit kepala. Semoga informatif dan bermanfaat.














Baca juga :
·         Bahaya Penyakit Vertigo
·         Cara Tidur Orang Vertigo
Enter your email address to get update from Serba-Serbi.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Copyright © 2018. SEBUAH CATATAN - All Rights Reserved | Template by sastrawan18@gmail.com Proudly powered by Poetoesas