Desa Palihan, Temon, Kulon Progo

Lokasi KKN 1995 IST'Akprind' Yogyakarta
Desa Palihan, Temon, Kulon Progo


Beberapa Foto KKN
10 11
13 14
16 17
16 17
19 20
22 23
25 26


Tempat di sekitar Posko KKN


Rute Perjalanan





Info KKN

        Kegiatan KKN (kuliah kerja nyata) Ist Akprind Yogyakarta 2014 adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman empiris kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat di luar kampus, dan secara langsung megajarkan kepada mahasiswa cara identifikasi masalah-masalah sosial kerakyatan. Kuliah kerja nyata secara langsung akan menunjukan keterkaitan langsung antara dunia pendidikan dan upaya perwujudan kesejahteraan masyarakat.
Kegiatan dari KKN Ist Akprind Yogyakarta yaitu :
  1. Pembuatan website desa. Program utama yaitu pembuatan website desa PotoronoWebsite  ini dibuat dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat umum tentang potensi yang ada di desa potorono.
  2. Pembuatan plang penunjuk arah. Manfaat dari kegiatan pemasangan plang jalan ini ialah agar para pendatang baru yang datang ke padukuhan prangwedanan tidak tersesat karena sudah ada penunjuk arah.
  3. Pembuatan peta desa. Tujuan pembuatan peta desa yaitu:
    • membantu suatu pekerjaan, misalnya untuk konstruksi jalan, navigasi, atau perencanaan,
    • analisis data spasial, misalnya perhitungan volume,
    • menyimpan informasi,
    • membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan, komunikasi dan informasi ruang.
  4. Pembuatan blog prangwedanan. Blog ini dibuat dengan tujuan memberikan informasi tentang padukuhan prangwedanan.
  5. Pendampingan TPA dan bimbel. Kegiatannya yaitu melakukan pendampingan kegiatan baca tulis Al-Qur’an serta membantu anak-anak dalam belajar mata pelajaran yang diberikan disekolah, seperti Matematika, IPA , IPS, Bhs.Inggris dll.
  6. Pelatihan Photoshop. Mengadakan pelatihan photoshop yang diikuti oleh remaja dan karang taruna. Pelatihan dilaksanakan di sekretariat prangwedanan.
  7. Senam lansia. Senam lansia adalah olahraga ringan dan mudah dilakukan, tidak memberatkan yang diterapkan pada lansia. Aktifitas olahraga ini akan membantu tubuh agar tetap bugar dan tetap segar karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal.
  8. Lomba rumah sehat. Tujuan dari lomba rumah sehat ini untuk memotivasi masyararakat agar memperhatikan kesehatan lingkungan sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  9. Lomba masak. Kegiatan lomba masak diikuti oleh ibu-ibu rimah tangga, dengan mengolah hasil panen warga prangwedanan. Salah satunya yaitu mengolah bahan baku ubi ungu menjadi masakan yang mempunyai cita rasa yang tinggi.
  10. Bersih desa. Kegiatannya yaitu bersih-bersih makam bersama warga.
  11. Jalan sehat. Kegiatan terakhir dari KKN Ist Akprind Yogyakarta 2014 yaitu mengadakan jalan sehat bersama warga prangwedanan. Selain sebagai agenda terakhir jalan sehat juga sebagai acara perpisahan serta pamitan  dari peserta KKN.



Pengabdian yang disebut dengan Kuliah Kerja Nyata atau sering disingkat dengan KKN mempunyai banyak makna di antara para mahasiswa. Agar bisa santai menghadapi KKN yang katanya menegangkan, ada kepanjangan dari KKN yang diplesetkan oleh para mahasiswa. Apa saja itu? Yuk kita simak di bawah ini!

1. Kuliah Kerja Nyata

Nah, kalau yang ini memang kepanjangan asli dari KKN. Tugas mahasiswa sebagai agent of change akan diuji selama satu bulan.  Caranya dengan langsung terjun ke masyarakat dan melakukan sejumlah program yang telah disusun rapi oleh kelompok masing-masing.
Semua cerita indah akan terukir di masa KKN yang biasanya dilakukan satu sampai dua bulan. Siap-siap ketawa dan nangis bersama teman-teman KKN, ya.

2. Kali-Kali Nyangkut

Kalau ini plesetan dari kepanjangan KKN yang sebenarnya. Momen yang dilakukan bersama-sama satu kelompok KKN selama satu bulan atau lebih, terkadang menumbuhkan benih-benih cinta antar teman kelompok karena sering bertemu atau melakukan kegiatan bersama. Bisa juga disebut cinlok (cinta lokasi).
Menurut cerita-cerita sih, banyak yang cinlok di tempat KKN dan akhirnya mereka menikah. Wah… untuk kalian para jomblo jangan sia-siakan kesempatan ini ya. Tapi, jangan sampai salah niat. Niat mengabdi dengan ikhlas untuk masyarakat harus tetap melekat. Kalau yang jomblo dapat jodoh, itu adalah bonus.

3. Kapan Kita Nikah?

Kalau kepanjangan KKN versi ini biasa dilontarkan saat bercanda di grup chatting. Wajar saja lah, namanya juga sudah semester akhir. Pasti kalau lagi bercanda ada tema “nikah” yang diselipkan. Lagi-lagi si jomblolah yang menjadi bulan-bulanan. Tak apalah ya Mblo. Kalian banyak pahala kok. Karena banyak membuat orang lain tertawa.

4. Khiyar Khitbah Nikah

Kepanjangan dari KKN ini terlalu serius mungkin. Tapi, memang tidak bisa dipungkiri, sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, sebaiknya memilih (khiyar) pasangan yang tepat.
Tentu kalau laki-laki memilih perempuan yang solehah. Begitupun sebaliknya, kalau perempuan memilih lelaki yang soleh. Baru setelah itu dikhitbah (dilamar). Jadi deh, kalau memang jodoh nikah. Kalau memang belum jodoh, silakan melakukan khiyar pasangan ulang ya Mblo.

5. Kumpul-Kumpul Ngopi

Terlihat santai memang. Tetapi kalau sudah kumpul-kumpul, kelompok KKN biasanya serius loh. Membahas program kerja dan target pencapaian proker tentunya. Kumpul-kumpul ini dibarengi ngopi agar tidak mengantuk dan terlihat lebih santai. Santai tapi serius. Begitulah kira-kira.
Selamat melaksanakan KKN para mahasiswa semester akhir. Semoga bisa Kuliah Kerja Nyata dengan baik. Barulah nantinya KKN itu akan berubah menjadi Kuliah Kerja Nikah. Eh…
Enter your email address to get update from Serba-Serbi.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2018. SEBUAH CATATAN - All Rights Reserved | Template by sastrawan18@gmail.com Proudly powered by Poetoesas