Titik Koordinat pada Google Maps

Google Maps 
adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), atau angkutan umum.

Aplikasi peta digital Google Maps membuat pencarian lokasi menjadi lebih mudah dengan segala macam fiturnya. Cukup memasukkan lokasi tujuan, Google Maps pun akan memberikan beberapa opsi rute yang bisa ditempuh.

Titik Koordinat 
Pencarian lokasi bisa menggunakan titik koordinat. Titik koordinat ini bisa memberikan titik lokasi yang lebih akurat. Menggunakan titik koordinat akan sedikit memakan waktu, namun tetap memiliki fungsi, terutama bagi yang membutuhkan titik koordinat untuk pencatatan datadan lokasi.


Cara Pencarian Titik Koordinat
  • Pada Laptop/Komputer, Google Maps dibuka Kemudian, ketik atau salin titik koordinat lokasi yang dituju di search bar atau kolom pencarian seperti koordinat -8.173250, 115.035722 dan akan terlihat lokasi yang di maksud. Dan sebaliknya, klik daerah yang dimaksud pada Google Maps sampai muncul tanda seperti balon merah. akan terlihat Keterangan Tempat dan titik koordinat lokasi tersebut
  • Untuk Penggunaan WA  untuk Share Lokasi, buka aplikasi WhatsApp, lalu Buka ruang obrolan di kontak yang ingin berbagi lokasi, Pilih ikon lampiran (berbentuk seperti peniti atau penjapit kertas), Pilih Send Your Current Location, Pilih Share Live Location, Selesai. 
Seperti gambar di bawah ini

Untuk Titik Koordinat, dengan menggunakan Share Lokasi pada WA bisa dilihat pada tanda seperti balon merah. Tanda tersebut di klik dan akan muncul Titik Koordinat lokasi tersebut. 

Setelah itu tuliskan Titik Koordinat tersebut pada kolom pencarian pada Google Maps dan akan terlihat lokasi yang di maksud.

Ada tiga format yang bisa digunakan yakni format derajat, menit, dan detik (DMS), misal 41°24'12.2"N 2°10'26.5"E. Atau menggunakan format derajat dan menit desimal (DMM), contohnya 41 24.2028, 2 10.4418. Bisa juga mengunakan format derajat desimal (DD), misalnya -8.173250, 115.035722

Ada beberapa hal pula yang perlu diperhatikan. Dalam penulisan desimal, usahakan menggunakan titik (.), alih-alih koma (,)


Penulisan Titik Koordinat seperti di bawah ini pada Google Maps :


-8.168083, 115.061306



  Demikian penggunaan Titik Koordinat pada Google Maps, yang dapat di aplikasikan penggunaannya pada Instansi-instansi tertentu seperti pada Instansi BPKPD untuk crosscek peta PBB dengan lokasi Sertipikat BPN.
Enter your email address to get update from Serba-Serbi.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2018. SEBUAH CATATAN - All Rights Reserved | Template by sastrawan18@gmail.com Proudly powered by Poetoesas