Y P U H

SEKILAS TENTANG YPUH

  1. LATAR BELAKANG
Di masa yang penuh persaingan mencari nafkah untuk kebutuhan hidup saat ini, banyak umat Hindu terutama di Bali yang mengalami kesulitan melaksanakan kegiatan agama seperti yang dilakukan secara turun temurun. Kesulitan itu tidak saja disebabkan oleh hambatan finansial, tetapi juga hambatan waktu. Secara finansial, upacara agama Hindu di Bali menurut kebiasaan sering menghabiskan biaya besar yang sering tidak terjangkau oleh pendapatan umat saat ini. Dari sisi waktu, umat Hindu di Bali sering dihadapkan pada dua pilihan yang berlawanan. Kalau memilih melaksanakan atau mengikuti upacara agama menurut kebiasaan yang sering menghabiskan waktu berhari-hari, berarti mereka harus meninggalkan pekerjaan dengan segala konsekuansinya. Sedangkan kalau memilih tidak melaksanakan atau tidak mengikuti uapacara agama menurut kebiasaan, mereka adakalanya dikucilkan oleh lingkungan atau paling tidak merasa terasingkan. Kesulitan itu dapat menyebabkan umat Hindu berkurang Sradha Bhaktinya atau kehilangan kesempatan ekonomi. Untuk membantu umat Hindu menghadapi situasi demikian   di Singaraja telah didirikan Yayasan Pengayom Umat Hindu (YPUH).

2. MAKSUD DAN TUJUAN YPUH
Yayasan Pengayom Umat Hindu adalah sebuah yayasan yang didirikan untuk memberikan pengayoman dan fasilitasi bagi umat Hindu, terutama berkaitan dengan peningkatan Sradha dan Bhaktimenurut Tatwa agama Hindu. Melalui peningkatan Sradha dan Bhakti menurut Tatwa,  diharapkan umat Hindu meningkat keyakinannya dalam rangka mencapai tujuan hidup berdasarkan agama Hindu yaitu, kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di alam setelah kematian (Moksartam Jagadita ya Caiti Dharma).
Dalam upaya meningkatkan Sradha dan Bhakti umat Hindu, YPUH mendorong dan memfasilitasi umat Hindu untuk mendalami dan melaksanakan ajaran Hindu menurut Tatwa yang disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan individu  masing-masing, sehingga beragama Hindu tidak terasa sebagai beban. Dengan melaksanakan ajaran Hindu menurut Tatwa, diharapkan memberi petunjuk jalan bagi umat yang masih merasakan kebingungan, memberi pencerahan bagi umat yang merasakan kegelapan, dan meringankan umat yang merasa terbebani dalam melaksanakan ajaran agama Hindu. 


3. RUANG LINGKUP KEGIATAN
Dalam upaya melaksanakan maksud dan Tujuan YPUH, kegiatan yang dilaksanakan meliputi bidang-bidang sebagai berikut.
a). Bidang Sosial
b) Bidang  Kemanusiaan
c) Bidang Keagamaan


Y P U H adalah Yayasan Pengayom Umat Hindu, yang 






Beberapa Foto Prosesi Pengabenan di YPUH



Lokasi YPUH

Rumah Duka Y P U H
Enter your email address to get update from Serba-Serbi.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2018. SEBUAH CATATAN - All Rights Reserved | Template by sastrawan18@gmail.com Proudly powered by Poetoesas