ULANG TAHUN

Perayaan ulang tahun bagi mereka yang sedang memperingati hari kelahirannya menjadi momen yang paling berharga. Selain karena perayaan ini hanya diperingati setahun sekali, orang yang ulang tahun juga akan mendapatkan berbagai macam kejutan, ucapan selamat ulang tahun dari teman-teman dan keluarga, dan tidak ketinggalan pula akan mendapat hadiah.

Tapi apakah sudah tahu perayaan ulang tahun ini asal-usulnya?

1. Diawali Rasa Takut Bangsa Eropa terhadap Kekuatan Jahat

Ribuan tahun yang lalu bangsa Eropa mempercayai bahwa terdapat kekuatan jahan yang akan menyerang mereka. Dari rasa takut ini lah mereka mengundang kerabat terdekat untuk mengunjungi rumah dan memberi doa keselamatan bagi si penghuni rumah. Saat itu masih belum ada kue ulang tahun dan hadiah-hadiah lho, hanya sebatas mengunjungi rumah yang dimana sipemilik rumah ingin di doakan keselamatannya.

2. Awalnya, Hanya Orang-Orang Penting yang Merayakan Ulang Tahun

Setelah tradisi doa keselamatan yang dilakukan oleh bangsa Eropa mulai diminati, maka mulailah raja-raja memperkenal kan tradisi doa keselamatan untuk mereka yang berjumpa kembali dengan tanggal kelahiran, dan tradisi ucapan doa keselamatan di hari kelahiran ini hanya boleh dirayakan oleh orang-orang dewasa saja loopers. Sementara anak-anak baru diperbolehkan merayakan nya saat si raja menganggap bahwa anak-anak juga penting untuk didoakan.

3. Munculnya Kue Ulang Tahun

Merayakan hari kelahiran tanpa kue terasa hambar ya loopers. Nah, dari sekian banyak pendapat yang mengatakan darimana kue ulang tahun berasal, maka pendapat yang mengatakan kue ulang tahun berasal dari Jerman lah yang paling masuk akal. Beratus-ratus tahun setelah raja memperkenalkan tradisi peryaan hari kelahiran, di Jerman hari perayaan dimeriahkan dengan hadirnya kue yang dihiasi secantik mungkin.

4. Tradisi Tiup Lilin

Orang-orang zaman dahulu tidak meniup lilin seperti yang kita lakukan sekarang ini lho loopers, mereka meniup api dikayu yang sengaja di bakar. Tapi karena proses nya mulai dianggap merepotkan, dan saat lilin mulai diciptakan, mereka pun mengganti kebiasaan meniup api dikayu yang dibakar tadi dengan cara meniup lilin. Kan meniup lilin lebih praktis ya. Nah, entah siapa yang memulai, berangsur-angsur posisi lilin yang awal nya hanya diletakkan di atas meja kini beralih ke atas kue.

5. Lagu Ulang Tahun

Keluarga dan kerabat udah berkumpul untuk memberi ucapan selamat kepada orang yang lagi memperingati hari kelahiran. Kue udah ada, lilin juga udah ada, tapi mereka yang merayakan hari kelahiran merasa seperti ada yang kurang nih loopers. Makanya pada tahun 1893, muncul lah lagu agar dinyanyikan bersama-sama supaya memperingati hari kelahiran semakin meriah. Lagu ini diciptakan oleh dua bersaudara bernama Paty dan Mildred Hill. Semenjak itu lah lagu yang mereka ciptakan menjadi lagu wajib sampai sekarang saat merayakan ulang tahun.

 

 
FOTO ULANG TAHUNKU
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
Enter your email address to get update from Serba-Serbi.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2018. SEBUAH CATATAN - All Rights Reserved | Template by sastrawan18@gmail.com Proudly powered by Poetoesas